KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARA SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V SD INPRES 1 TALISE

FITRI A. PONGGA (2024) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARA SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V SD INPRES 1 TALISE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitri A. Pongga, 2024. Keefektifan Media Pembelajaran Buku Pop-up Terhadap
Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas V SD Inpres
1 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dosen pembimbing
Zulnuraini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Buku Pop-up
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SBK siswa SD Inpres 1 Talise. Jenis
penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
jenis penelitian menggunakan Eskperimen dengan desain penelitian nonequivalent
control group design Pretest-Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas V SD Inpres 1 Talise. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres
1 Talise yang berjumlah 50 orang, yaitu terdiri dari kelas V A 25 orang dan kelas V B
25 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket. Analisis data
menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian
hipotesis menggunakan Paired Sampel T Test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS
Statistic 21. Sebelum diberikan perlakuan (pretest), minat belajar siswa pada
pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yaitu 37,00 . Sementara setelah adanya
perlakuan (posttest) menggunakan Media Buku Pop-up, minat belajar siswa pada
pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan menjadi 49,52. Berdasarkan hasil
penelitian menujukkan nilai signifikan ( 2-tailed ) 0,000 < ? 0,05. Karena nilai
signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan Ho ditolak, artinya media
pembelajaran buku pop-up adanya pengaruh terhadap minat belajar siswa. Sehingga
dapat disimpulkan adanya pengaruh penggunaan media buku pop-up terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran SBK siswa kelas V SD Inpres 1 Talise.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Buku Pop-up, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116337
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item