PUTRI (2020) Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Sejarah Yang Kreatif Dan Inovatif Bagi Siswa Di SMA Negeri 7 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
PUTRI, 2020. Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Sejarah yang Kreatif dan Inovatif Bagi Siswa di SMA Negeri 7 Palu, Skipsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dra. Hj. Junarti, M.Hum.
Penelitian ini membahas : (1) bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif bagi siswa di SMA Negeri 7 Palu sebelum memulai pembelajaran?, (2) bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif bagi siswa di SMA Negeri 7 Palu pada saat melakukan pembelajaran?, (3) bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif bagi siswa di SMA Negeri 7 Palu pada saat mengakhiri pembelajaran?. Tujuan penelitian ini : (1) menjelaskan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif bagi siswa di SMA Negeri 7 Palu sebelum memulai pembelajaran, (2) menjelaskan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif bagi siswa di SMA Negeri 7 Palu pada saat melakukan pembelajaran, (3) menjelaskan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif bagi siswa di SMA Negeri 7 Palu pada saat mengakhiri pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru mata pelajaran sejarah, dan 20 orang siswa/siswi di kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kreatif dan inovatif guru dalam mengajar di kelas dapat dilihat dari : kemampuan kreatif dan inovatif guru sebelum memulai pembelajaran, kemampuan kreatif dan inovatif guru pada saat melakukan pembelajaran, dan kemampuan kreatif dan inovatif guru pada saat mengakhiri pembelajaran. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah yang kreatif dan inovatif bagi siswa di SMA Negeri 7 Palu, sangatlah memiliki hasil yang baik. Karena, guru sejarah dapat mengembangkan kreatif dan inovatifnya dalam mengajar di kelas sehingga guru dapat meningkatkan motivasi siswa, menarik perhatian siswa, antusias belajar siswa, keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran sejarah di kelas, serta dapat meningkatkan prestasi siswa.
Kata Kunci : Kemampuan, Sejarah, Pembelajaran Kreatif dan Inovatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116485 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |