Kemampuan Guru Dalam Memotivasi Siswa Untuk Menyampaikan Argumentasi Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu

SYAHRIL (2020) Kemampuan Guru Dalam Memotivasi Siswa Untuk Menyampaikan Argumentasi Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Syahril, stambuk A 311 16 026. Kemampuan Guru dalam Memotivasi Siswa untuk Menyampaikan Argumentasi melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu. Skripsi, Program studi pendidikan sejarah, jurusan ilmu pengetahuan sosial, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, univeristas tadulako, (UNTAD) Palu, pembimbing Dr. Hasan, M.Hum

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran sejarah melalui metode diskusi di Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan guru memotivasi siswa untuk menyampaikan argumen melalui metode diskusi dalam pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu. Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah melalui metode diskusi dalam pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu serta Menganalisis Untuk dapat mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk memotivasi siswa dalam menyampaikan argumen melalui metode diskusi dalam pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu. Jenis penelitian ini penelitian kuantitaf. Dengan sampel penelitiana ini 23 siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 kota palu dan 1 orang guru sejarah. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni observasi, wawancara, angket. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode diskusi mampu memotivasi siswa karena metode yang kreatif dan siswa bertukar pikiran, upaya – upaya yang dilakukan dalam memotivasi belum cukup maksimal dan juga siswa terkadang dalam menyampaikan argumentasinya melalui handphone dan buku cetak. Penggunaan metode diskusi lebih ditingkatkan lagi dalam pembelajaran agar siswa sudah terbiasa berdiskusi dan mampu mengeluarkan argumentasi dalam pembelajaran sejarah.

Kata kunci: Motivasi, Argumentasi, Metode Diskusi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116488
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item