Kemampuan Guru Dalan Melaksanakan Pembelajaran PPKn Yang Aktif Kreatif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Di SMA Negeri 1 Torue

MARIA NI MADE RISMA (2023) Kemampuan Guru Dalan Melaksanakan Pembelajaran PPKn Yang Aktif Kreatif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Di SMA Negeri 1 Torue. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Maria Ni Made Risma, 2023.“Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran PPKn yang Aktif, Kreatif dan Menyenangkan Bagi siswa di SMA Negeri 1 Torue”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing; Sunarto Amus.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn yang aktif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa di SMAN 1 Torue dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn yang aktif, kreatif dan menyenangkan.. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Torue. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 72 orang yang terdiri 1 guru PPKn, 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan 4 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, analisis angket dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang peneliti peroleh yaitu 1) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn yang aktif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa di SMAN 1 Torue, diantaranya guru menggunakan berbagai alat bantu dalam mengajar, guru menggunakan berbagai sumber belajar sesuai dengan kopetensi yang di kembangkan, adanya variasi dalam penyampaian materi pembelajaran, guru dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam belajar PPKn. 2) Faktor pendukung guru PPKn di SMAN 1 Torue dalam melaksanakan pembelajaran PPKn yang aktif, kreatif dan menyenangkan mata pelajaran PPKn seperti motivasi siswa, semangat belajar siswa, alat pendukung yang guru gunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu ada beberapa siswa yang malas belajar dan kurang aktif dalam diskusi serta siswa yang kurang fokus dalam belajar.

Kata Kunci : Kemampuan Guru; Melaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan
Menyenangkan, Pembelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116494
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item