Kemampuan Guru IPS Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 8 Palu

HARDIANTI (2020) Kemampuan Guru IPS Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 8 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hardianti, (2019). Kemampuan Guru IPS Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran di SMP Negeri 8 Palu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Misnah, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang diajukan dalam tulisan ini adalah kemampuan guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran IPS untuk dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dan penghambat guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran untuk dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 8 Palu. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran IPS untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 8 Palu; 2) Untuk mengetahui hambatan yang ditemukan guru IPS dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 8 Palu. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data secara kualitatif yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Subjek penelitian adalah Guru IPS berjumlah 3 orang dan kepala sekolah selaku informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru IPS di SMP Negeri 8 Palu sudah memiliki kemampuan yang baik dan dapat mendisiplinkan siswa dalam pembelajaran, sebab guru IPS sudah memiliki kompetensi profesional seperti menerapkan kurikulum, memanfaatkan media pembelajaran, memanfaatkan sumber belajar, serta penggunaan strategi pembelajaran. Dan kompetensi sosial seperti berkemampuan komunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik. Adapun hambatan-hambatan yang ditemukan guru dalam peningkatan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran ialah masih kurangnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS sehingga mata pelajaran IPS kurang diminati dan siswa kurang termotivasi belajar IPS.

Kata Kunci : Kemampuan Guru, Kedisiplinan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116496
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item