MOH SYAFAAT (2022) KEMAMPUAN GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Moh Syafaat. 2021. Kemampuan Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8
Palu, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing Mahfud M. Gamar
Rumusan masalah dalam peneitian ini ialah Faktor-faktor apa yang
menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah secara
online serta Bagaimana kemampuan guru mengatasi kesulitan belajar siswa
dalam pembelajaran sejarah secara Online. Penelitian ini bertujuan untuk
Untuk Mendiskripsikan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah
secara online. Dan Untuk Mendiskripsikan kemampuan guru mengatasi
kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah secara Online. Penelitian
ini dilakukan di SMA Negeri 8 Palu dan Jenis penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif. Data yang penelitian diperoleh dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan pada siswa Kelas X IPS, XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPS dan
Guru serta Wakepsek Sejarah SMA Negeri 8 Palu. Hasil penelitian
menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar online mata
pelajaran online sejarah di masa pandemi dikarenakan pembelajaran
dilakukan secara daring. Adapun kesulitan yang dialami siswa ialah
kesulitan dalam memahami materi belajar, kesulitan dalam mengakses
materi belajar dan juga kesulitan dalam pengumpulan tugas yang
mengakibatkan keterlambatan dalam pengumpulan tugas siswa. Adapun
upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah
siswa yaitu dengan merancang pembelajaran yang tidak memberatkan
siswa, menggunakan media yang berukuran kecil, mempersiapkan siswa
sebelum belajar, memberikan contoh-contoh yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar, mengizinkan siswa melakukan personal chat untuk
menanyakan materi, memberikan motivasi, menjalin komunikasi yang baik
dengan siswa, tugas bisa di kumpulkan di sekolah pada hari senin, serta
melakukan pembelajaran tatap muka sesekali agar memudahkan siswa
dalam memahami materi dan siswa tidak merasa bosan karena pembelajaran
yang dilakukan secara daring.
Kata Kunci : Kemampuan Guru, Kesulitan Belajar siswa,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116497 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |