Kemampuan Guru Mengintegrasikan TPACK Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas VIII SMPN MODEL TERPADU MADANI Palu

ASISA RAHMI (2023) Kemampuan Guru Mengintegrasikan TPACK Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas VIII SMPN MODEL TERPADU MADANI Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Asisa Rahmi, 2023. “Kemampuan Guru Mengintegrasikan TPACK dalam Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing; Hasdin.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran PPKn di kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Palu. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling. Adapun Subjek penelitian ini berjumlah 61 orang yang terdiri 1 Guru PPKn, 1 Wakasek Kurikulum dan 59 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Kemampuan Guru Mengintegrasikan TPACK dalam Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Palu, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa kemampuan guru dalam mengintegrsikan TPACK dalam pembelajaran sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi, wawancara dan juga dokumentasi yang dilakukan terhadap guru PPKn tersebut. Peneliti menguraikan bahwa komponen TPACK yang sudah terlaksana oleh guru PPKn yaitu TPACK Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Content Knowledge (TCK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), Tecnological Pedagogical Knowledge (TPK), Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Adapun kendala yang dialami guru dalam mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran yaitu jaringan dan kuota internet.

Kata Kunci: Kemampuan Guru; Mengintegrasikan TPACK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116502
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item