SYAHRIL (2023) KEMAMPUAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 DONDO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Syahril 2023 : Kemampuan Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka
Terbatas dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Dondo,
Skripsi, Program Studi Pendidikan sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing
Dr. Mahfud M. Gamar, S.Pd.,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan
Guru pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dalam pembelajaran
sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Dondo? (2) Bagaimana faktor pendukung
dan faktor penghambat pelaksanaan tatap muka terbatas di dalam pembelajaran
sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Dondo? Tujuan yang hendak dicapai dalam
hasil penelitian ini adalah (1) Menguraikan kemampuan Guru pada pembelajaran
tatap muka terbatas dalam pembelajaran sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1
Dondo (2) Menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan
tatap muka terbatas dalam pembelajaran sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1
Dondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuatitatif dengan pendekatan
deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru sejarah dan Siswa. Teknik
yang digunakan dalam hasil penelitian ini adalah teknik wawancara, obeservasi,
dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah :(1) Cara Guru
merencanakan program kegiatan pembelajaran dalam bentuk RPP, yang dirancang
sesuai kurikulum yang berlaku, mulai kegiatan inti sampai kegiatan penutupnya
diatur secara baik di dalam RPP. Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran meliputi kegiatan Guru dalam mengolah kelas agar tetap kondusif
pada saat pembelajaran berlangsung, kemudian menentukan media dan sumber
belajar yang akan dibawakan di dalam kelas seperti infokus. Kemudian
menentukan metode, yang akan digunakan di dalam Kelas seperti metode
ceramah, dan metode bervariasi lainya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan
hasil belajar Siswa, dan juga mengevaluasi kegiatan pembelajaran setiap tiga
minggu sekali. (2) Faktor penghambat pembelajaran yaitu dari keadaan Siswa
yang dimana tidak semua Siswa memiliki teknologi dan yang menjadi pendukung
yaitu dari pihak Sekolah telah memfasilitasi Siswanya berupa biaya transportasi
ke Sekolah.
Kata Kunci : Kemampuan Guru, Pembelajaran, dan tatap muka terbatas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116503 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |