RASYIDA BULQIS (2023) Kemampuan Guru PPKn Dalam Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Rasyida Bulqis, 2023, “Kemampuan Guru PPKn dalam Penerapan Media
Pembelajaran Audio Visual di Kelas VIII SMP Negeri 4 Paluâ€. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing: Imran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PPKn dalam penerapan
media pembelajaran audio visual di kelas VIII SMP Negeri 4 Palu. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini
berjumlah 34 orang yaitu 1 orang guru mata pelajaran PPKn dan 33 orang siswa
kelas VIII Delima. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan 3
tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: 1) Kemampuan guru PPKn dalam penerapan media
pembelajaran audio visual sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari
keberhasilan guru PPKn dalam menggunakan media audio visual pada mata
pelajaran PPKn, serta siswa lebih cepat memahami pelajaran pada saat guru
menjelaskan menggunakan media audio visual. 2) Kendala yang dialami guru saat
proses pembelajaran penerapan media pembelajaran audio visual yang pertama,
kurangnya ketersediaan infocus di sekolah yang membuat guru PPKn harus
meminjam infocus dari luar sekolah untuk digunakan dalam proses pembelajaran
di kelas. Kedua, lingkungan pembelajaran yang tidak mendukung untuk
menerapkan media audio visual. Hal ini dapat dilihat dari pencahayaan infocus
yang tidak maksimal menampilkan video pembelajaran yang disediakan oleh guru
dikarenakan intensitas cahaya yang masuk di ruang kelas membiaskan cahaya dari
infocus sehingga membuat tampilan gambar dan video tidak dapat terlihat dengan
maksimal oleh siswa terutama siswa yang duduk di deretan kursi belakang. Tiga
guru tidak melakukan pemetaan gaya belajar siswa sehingga ketika guru
menyajikan media audio visual beberapa siswa yang memiliki gaya belajar non
audio visual tidak termotivasi untuk belajar di dalam kelas sehingga situasi kelas
menjadi tidak kondusif.
Kata Kunci: Kemampuan Guru PPKn, Media Pembelajaran; Audio Visual
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116508 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |