KEMAMPUAN MAHASISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MAHASISWA PRODI PPKn FKIP UNIVERSITAS TADULAKO

NURHAFIZAH (2020) KEMAMPUAN MAHASISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MAHASISWA PRODI PPKn FKIP UNIVERSITAS TADULAKO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nurhafizah, 2020. Kemampuan Mahasiswa Mengemukakan Pendapat dalam Penerapan Metode Diskusi Pada Mahasiswa Prodi PPKn FKIP Universitas Tadulako. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Kaharuddin Nawing.
Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengidentifikasi faktor yang melatarbelakangi mahasiswa PPKn memiliki kemampuan mengemukakan pendapat dalam penerapan metode diskusi di kelas B angkatan 2017 Prodi PPKn FKIP Universitas Tadulako (2) Untuk mengidentifikasi faktor yang melatarbelakangi mahasiswa PPKn kurang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat dalam penerapan metode diskusi di kelas B angkatan 2017 Prodi PPKn FKIP Universitas Tadulako. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Subjek penelitian ini keseluruhan mahasiswa program studi PPKn kelas B angkatan 2017 berjumlah 54 orang. Adapun Informan 14 orang mahasiswa di kelas B, 7 orang yang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat dan 7 orang yang kurang memiliki kemampuan berpendapat dalam diskusi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data dianalisis mengunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang melatarbelakangi mahasiswa program studi PPKn memiliki kemampuan mengemukakan pendapat dalam penerapan metode diskusi di kelas, yaitu: keluasan wawasan, peniruan (modelling), keikutsertaan dalam organisasi kemahasiswaan, dan kepercayaan diri yang baik. Faktor-faktor yang melatarbelakangi mahasiswa program studi PPKn kurang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat dalam penerapan metode diskusi di kelas, yaitu: memikirkan akibat, kurangnya literasi, tidak percaya diri, dan sifat introvert (pendiam).

Kata kunci: Mengemukakan Pendapat, Mahasiswa, Metode Diskusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116519
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item