CHINTYA LAMUDO (2021) KEMAMPUAN MENAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI UETOLI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Chintya Lamudo, 2021. Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri Uetoli. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal.
Dengan memperhatikan latar belakang dan rumusan masalah di atas, tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan manajerial kepala SD Negeri
Uetoli dalam meningkatkan kinerja guru dan mengetahui kinerja guru SD Negeri
Uetoli. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Bogdan dan Taylor mendefenisikan penelitian kualitatif sebagai
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai
berbagai permasalahan berdasarkan faktor-faktor yang diperoleh dari objek yang
diteliti.
Demi memudahkan peneliti melakukan penelitian sehingga penetapan lokasi
penelitian yaitu dilaksanakan di SD Negeri Uetoli. Instrumen yang digunakan
dalam penellitian ini berupa angket. Angket yang digunakan untuk mengetahui
bagaimana kemampuan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru. Angket terdiri 20 item penilaian untuk kemampuan kepala sekolah dan 15
item penilaian untuk kinerja guru dengan menggunakan alternatif pilihan jawaban
yaitu sangat sesuai (SS) = 5, sesuai (S) = 4, kurang sesuai = 3, tidak sesuai (TS)
= 2, sangat tidak sesuai (STS) = 1.
Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan mengenai Kemampuan
Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri Uetoli,
maka dapat diambil kesimpulan diantaranya: 1) Kemampuan manajerial kepala
sekolah di SD Negeri Uetoli dalam kategori baik. Dari 4 aspek tersebut
diantaranya aspek perencanaan yang dilakukan memperoleh nilai rata-rata
persentasenya 95,6% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baikâ€, aspek
pengorganisasian memperoleh presentase 90,4% sehingga tergolong dalam
kategori “sangat baikâ€, aspek evaluasi kepala sekolah memperoleh perentase 98%
sehingga tergolong dalam kategori “sangat baikâ€, aspek kepemimpinan kepala
sekolah memperoleh persentase 90% sehingga tergolong dalam kategori “sangat
baikâ€. 2) Kinerja Guru di SD Negeri Uetoli secara keseluruhan berada pada
kategori sangat baik, dari beberapa aspek kinerja guru di antaranya persiapan
pembelajaran yang dilakukan memperoleh persentase 97,2% sehingga tergolong
dalam kategori “sangat baikâ€. Proses pembelajaran memperoleh pesentase 91,2%
sehingga tergolong dalam kategori “sangat baikâ€, aspek evaluasi/penilaian
memperoleh pesentase 89,6% sehingga tergolong dalam kategori “sangat baikâ€.
Kata Kunci: Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116534 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |