KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MODEL PALU DALAM MENGEMBANGKAN HIKAYAT MENJADI CERPEN

HEMAMALINI SURESNI (2020) KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MODEL PALU DALAM MENGEMBANGKAN HIKAYAT MENJADI CERPEN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Hemamalini Suresni, 2019. Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Model Palu dalam Mengembangkan Hikayat Menjadi Cerpen, Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Saharudin Barasandji.
Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah kemampuan siswa SMA Negeri 5 Model Palu dalam mengembangkan hikayat menjadi cerita pendek?, Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 5 Model Palu dalam mengembangkan hikayat menjadi cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Lokasi dilakukan di SMA Negeri 5 Model Palu dan waktu pelaksanaan penelitian dimulai pada 25 Agustus 2019 sampai dengan selesai. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 5 Model Palu, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS II yang berjumlah 36 orang dan kelas X IPS III yang berjumlah 34 orang, jumlah siswa keseluruhan 70 orang, dari kedua kelas masing-masing 18 orang diambil untuk dijadikan sampel penelitian. Sumber data pada penelitian ini adalah hikayat yang telah dikembangkan menjadi cerita pendek oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Model Palu, yang difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran yang berupa aktifitas guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui dua tahapan yaitu; (1) observasi dan (2) evaluasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah data kemampuan siswa yang diperoleh diolah dengan menggunakan pengukuran. Kriteria penilaian penelitian ini adalah 75 kriteria ketuntasan minimal di sekolah. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata kemampuan siswa menulis cerita pendek 75% digolongkan dalam kategori baik atau dengan kata lain telah berhasil mengembangkan hikayat menjadi cerita pendek. Dengan demikian pernyataan hipotesis dinyatakan diterima.
Kata Kunci: Hikayat, Cerita Pendek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116655
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item