AYU LESTARI (2022) KENDALA PEMBELAJARAN PRAKTEK DARING SECARA SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS PADA MATA PELAJARAN PJOK PADA SISWA IX SMP NEGERI 1 BAMBALAMOTU DI MASA PANDEMI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ayu Lestari, 2022. “Kendala Pembelajaran Praktek Daring Synchronous dan
Asynchronous Pada Mata Pelajaran PJOK Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1
Bambalamotu Di Masa Pandemiâ€. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
rekreasi, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Sultan Brilin, S.Pd, M.Pd.
Berbagai macam kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran daring
pada mata pelajaran praktek PJOK baik secara Synchronous dan Asynchronous
merupakan hal yang melatabelakangi penelitian ini. Olehnya, peneliti melakukan
penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala pelaksanaan
pembelajaran praktek daring Synchronous dan Asynchronous pada mata pelajaran
PJOK pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bambalamotu di masa pandemi. Penelitian
yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan
studi kasus (Case Studi). Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Bambalamotu yang
beralamat di Jalan Poros Palu-Pasangkayu, desa Bambalamotu, kecamatan
Bambalamotu, kabupaten Pasangkayu, provinsi Sulawesi Barat dengan subjek adalah
siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bambalamotu dengan jumlah 119 orang yakni 63 siswa
laki-laki dan 52 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan subjek
penelitian menggunakan purposive sampling. Oleh karena itu, berpedoman pada
teknik purposive sampling maka peneliti hanya mengambil 5 siswa saja yang
dijadikan subjek penelitian karena dianggap telah mewalikili secara keseluruhan dari
siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bambalamotu. Peneliti mengumpulkan data
menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan data conclusion/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala pembelajaran daring Synchronous yaitu
kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan kondisi jaringan
internet yang tidak stabil. Sedangkan pembelajaran daring Asynchronous yaitu
kurangnya motivasi siswa mengikuti pembelajaran, tidak adanya pendampingan dan
dukungan dari orangtua, serta kondisi jaringan internet yang tidak stabil. Sehingga
dapat disimpulkan kendala pembelajaran daring Synchronous terletak pada aspek
motivasi belajar siswa dan kondisi jaringan internet sedangkan kendala pembelajaran
daring Asynchronous ditinjau dari aspek motivasi belajar siswa, pendampingan
orangtua, dan kondisi jaringan internet.
Kata Kunci: Synchronous, Asynchronous, PJOK
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116712 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |