MUHLIS SPD MSI (2020) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SMA KOTA PALU. Doktoral thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Muhlis. 2020. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Pencapaian Standar Nasional Pendidikan SMA di Kota Palu. Disertasi. Program Ilmu Ilmu Sosial, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Promotor: Fathurrahman, Ko Promotor: Mustainah, Ko Promotor: Nurhannis.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengembangan kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk mencapai SNP SMA di Kota Palu. 2) Menganalisis pemberdayaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk mencapai SNP SMA di Kota Palu. 3) Menganalisis kepuasan bawahan terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk mencapai SNP SMA di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dilaksanakan di SMA Kota Palu dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan pendekatan interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan, condentation, display, dan kesimpulan. Hasil dan pembahasan penelitian sebagai berikut: 1) Aspek pengembangan dalam kepemimpinan transformasional telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam upaya mencapai SNP. Implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada Standar Sarana dan Prasarana bersifat mengikuti dan melaksanakan petunjuk struktural (sarana yang dibangun sudah ditentukan dari pusat dan dinas pendidikan) dan kepala sekolah hanya memasukkan persyaratan administrasi. Dari 8 SNP, pengembangan yang dilakukan kepala sekolah melibatkan semua stakeholder kecuali siswa yang belum dilibatkan pada Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan; 2) Aspek pemberdayaan dalam kepemimpinan transformasional telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam upaya mencapai SNP. Implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada Standar Sarana dan Prasarana bersifat pemeliharaan. Dari 8 SNP, pemberdayaan yang dilakukan kepala sekolah melibatkan semua stakeholder kecuali siswa yang belum dilibatkan pada Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan; dan 3) Implementasi kepemimpinan transformasional kepala SMA di kota Palu telah memberikan kepuasan kepada semua stakeholder, seperti; guru, tata usaha, komite sekolah/orang tua siswa, dan siswa.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Pengembangan, Pemberdayaan, dan Kepuasan.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Doktoral Ilmu Sosial |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116787 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |