IKAYANTI (2022) KESALAHAN TANDA BACA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SINDUE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ikayanti, 2021. Kesalahan Tanda Baca Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sindue. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs H. Laode Baisu, M.pd.,M.Si
Kata Kunci: Menulis, Karangan Deskripsi
Masalah dalam penelitian ini adalah “kesalahan tanda baca apa sajakah yang terdapat dalam menulis karangan deskrip sisiswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue?†Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan tanda baca pada karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, dokumentasi, pengamatan data, dan pencatatan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesalahan-kesalahan penulisan karangan siswa SMA Negeri 1 Sindue yang meliputi kesalahan (1) tanda baca titik, (2) koma, (3) tanda tanya, (3) tanda hubung, (4) tanda titik dua, (5) tanda petik ganda, dan (6) tanda petik tunggal pada karangan deskripsi. Kesalahan ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa dalam menggunakan tanda baca yang baik dan benar. Dalam hal ini siswa harus dibekali tata cara menulis karangan sesuai kaidah penulisan menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
iv
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116866 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |