RAHMA (2021) KETELADANAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TINOMBO SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Rahma, (2021), A31115121. Keteladanan Guru IPS dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tinombo Selatan, Skripsi,
Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dra.
Hj. Junarti, M.Hum
Artikel ini bertujuan menjelaskan keteladanan Guru IPS dalam
meningkatkan kedisiplinan Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tinombo Selatan
dan menjelaskan perilaku disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Tinombo Selatan
setelah melihat keteladanan Guru IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriftif kualitatif. Objek dalam penelitian yang digunakan adalah 1 orang Guru
IPS, Kepala Sekolah dan 10 orang Siswa kelas VIII. Jenis dan sumber data yang
digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data ini
dilakukan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data
dengan melakukan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keteladanan Guru IPS di SMP Negeri 1
Tinombo Selatan sudah sangat baik dalam mendisiplinkan Siswa kelas VIII dilihat
dari kemampuan guru sebagai tenaga pendidik yang tugasnya mengajar, memiliki
kepribadian yang mantap dalam memberikan teladan yang baik terhadap
Siswanya. Guru IPS telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan
baik menunjukkan perilaku yang baik, bertutur kata yang sopan kepada Siswa,
menunjukkan sikap yang ramah kepada mereka, selalu memperingati Siswa
tentang hal-hal yang baik dalam mematuhi aturan sekolah. Perilaku disiplin Siswa
di SMP Negeri 1 Tinombo selatan sudah cukup disiplin hal ini dilihat dari sikap
dan perilaku Siswa yang dapat menjaga ketertiban Kelas, selalu memberi salam
ketika akan masuk Kelas, minat dan perhatian Siswa pada pembelajaran terutama
mata pelajaran IPS lebih besar, dan Siswa lebih patuh dengan peraturan yang
ditetapkan di Sekolah.
Kata Kunci : Keteladanan, Guru IPS dan Kedisiplinan Siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/116998 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |