ARYANDA H.BADAR (2023) Keterampilan Belajar Abad 21 Tentang Mitigasi Bencana Banjir Pada Peserta Didik Di Desa Malangga Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran sudah dituntut di sekolah formal untuk menerapkan
kemampuan 4C (Critical thinking, Creativity, Communication, Collaboration)
yang dapat terwujud cepat jika kinerja guru serta peran dan tanggung jawab orang
tua dalam membiasakan Peserta Didik untuk menerapkan 4C dalam keseharian.
Kemampuan pendekatan geografi keruangan Peserta Didik di Desa Malangga
ketika terjadi bencana banjir masih bersifat alami yaitu utuk berlindung dan
menyelamatkan diri sendiri sampai ke titik teraman menurut Peserta Didik tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Belajar Abad 21 4C
(critical thinking, creativity, communication, collaboration) tentang mitigasi
bencana banjir pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Desa Malangga Kecamatan
Galang Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
menggunakan pendekatan keruangan. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik
Sekolah Dasar di Desa Malangga, dan Responden yang diambil menggunakan
teknik purposive sampling akan menjawab penelitian ini. Responden tersebut
adalah Peserta Didik kelas 4, 5, dan 6 SD yang berjumlah 10 responden dari SDN
Malangga dan 20 responden dari SDN Malangga Selatan. Instrument penelitian
menggunakan angket dan lembar tugas berupa denah desa. Penelitian ini juga
didukung dengan wawancara oleh Pemerintah desa, Guru, dan Masyarakat yang
bertindak sebagai informan. Data kemudian dianalisis secara deskriptif persentase
dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan Belajar Abad 21
Peserta Didik di Desa Malangga tentang mitigasi bencana banjir yaitu variatif.
Kemampuan 4C (critical thinking, creative, communication, and collaboration)
memiliki tingkatan kemampuan masing-masing pada Peserta Didik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 46,6% Peserta Didik di Desa Malangga pada
kemampuan critical thinking tentang mitigasi bencana banjir berada pada kategori
cukup kritis. Pada kemampuan creative yaitu 77,4% peserta didik baik hingga
sangat baik dalam Keterampilan Abad 21. Pada kemampuan communicative, 43,3%
Peserta Didik berkomunikasi dengan sangat baik. Dan kemampuan collaborative
yaitu 56,6% Peserta Didik cukup kurang dalam bekerja secara kolaborasi seperti
bekerja secara kelompok. Variasi dalam tiap-tiap keterampilan ini disebabkan oleh
beberapa faktor seperti pembelajaran mitigasi bencana banjir belum diajarkan di
Sekolah Dasar, faktor lingkungan, keaktifan Peserta Didik di dalam kelas,
kurangnya edukasi dari pihak ekstern, dan mental Peserta Didik yang masih kurang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117002 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |