FATHULKHAIR (2024) KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI ASPEK TRANSFER PADA MATA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DI KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Fathulkhair, 2024. “Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Aspek Transfer pada 
Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik SMA di Kota Paluâ€. Tesis, Program Studi 
Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana Universitas Tadulako. Ketua 
Tim Pembimbing I Komang Werdhiana, Anggota Tim Pembimbing Darsikin.
Sejak keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dicanangkan pada kurikulum 
2013, berbagai upaya telah dilakukan agar peserta didik memiliki keterampilan 
tersebut. Namun, transfer yang merupakan salah satu dari tiga aspek pencapaian 
keterampilan berpikir tingkat tinggi kurang mendapat perhatian. Penelitian ini 
dilakukan untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik 
jenjang SMA pada aspek transfer untuk memberikan gambaran sejauh mana aspek 
transfer telah tercapai sejak diperkenalkan dalam kurikulum 2013. Penelitian 
dilakukan dengan metode kualitatif di empat sekolah yang masing-masing 
mewakili tingkatan akreditasi sekolah di Indonesia yakni cukup baik (A), baik (B), 
cukup (C), dan tidak terakreditasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes 
berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi yang terdiri dari 5 butir soal pada 
mata pelajaran Fisika gerak linier. Berdasarkan hasil penelitian, 47% peserta didik
berhasil mentransfer ilmunya dari C1 hingga C4 dan faktual hingga metakognitif 
pada soal nomor 1. Kemudian terdapat 10% peserta didik yang berhasil mentransfer 
ilmunya dari C1 hingga C4 dan faktual hingga metakognitif pada soal nomor 2. 
Namun, pada soal nomor 3 (C4), nomor 4 (C5) dan nomor 5 (C6) tidak ada satu
pun peserta didik yang berhasil menjawab dengan benar. Peneliti membagi 
penyebab kegagalan peserta didik dalam mentransfer kognitif dan pengetahuannya 
menjadi beberapa faktor antara lain (1) kurangnya pengetahuan faktual; (2) 
kurangnya pengetahuan konseptual; (3) kurangnya kemampuan matematika; (4) 
tidak terbiasa menggunakan satuan dalam pemecahan masalah; dan (5) belum 
terbiasa dengan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Kata kunci: Keterampilan berpikir tingkat tinggi, transfer, domain proses kognitif, 
domain pengetahuan
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117009 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

