KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI ASPEK TRANSFER PADA MATA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DI KOTA PALU

FATHULKHAIR (2024) KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI ASPEK TRANSFER PADA MATA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DI KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Fathulkhair, 2024. “Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Aspek Transfer pada
Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik SMA di Kota Palu”. Tesis, Program Studi
Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana Universitas Tadulako. Ketua
Tim Pembimbing I Komang Werdhiana, Anggota Tim Pembimbing Darsikin.
Sejak keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dicanangkan pada kurikulum
2013, berbagai upaya telah dilakukan agar peserta didik memiliki keterampilan
tersebut. Namun, transfer yang merupakan salah satu dari tiga aspek pencapaian
keterampilan berpikir tingkat tinggi kurang mendapat perhatian. Penelitian ini
dilakukan untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik
jenjang SMA pada aspek transfer untuk memberikan gambaran sejauh mana aspek
transfer telah tercapai sejak diperkenalkan dalam kurikulum 2013. Penelitian
dilakukan dengan metode kualitatif di empat sekolah yang masing-masing
mewakili tingkatan akreditasi sekolah di Indonesia yakni cukup baik (A), baik (B),
cukup (C), dan tidak terakreditasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi yang terdiri dari 5 butir soal pada
mata pelajaran Fisika gerak linier. Berdasarkan hasil penelitian, 47% peserta didik
berhasil mentransfer ilmunya dari C1 hingga C4 dan faktual hingga metakognitif
pada soal nomor 1. Kemudian terdapat 10% peserta didik yang berhasil mentransfer
ilmunya dari C1 hingga C4 dan faktual hingga metakognitif pada soal nomor 2.
Namun, pada soal nomor 3 (C4), nomor 4 (C5) dan nomor 5 (C6) tidak ada satu
pun peserta didik yang berhasil menjawab dengan benar. Peneliti membagi
penyebab kegagalan peserta didik dalam mentransfer kognitif dan pengetahuannya
menjadi beberapa faktor antara lain (1) kurangnya pengetahuan faktual; (2)
kurangnya pengetahuan konseptual; (3) kurangnya kemampuan matematika; (4)
tidak terbiasa menggunakan satuan dalam pemecahan masalah; dan (5) belum
terbiasa dengan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Kata kunci: Keterampilan berpikir tingkat tinggi, transfer, domain proses kognitif,
domain pengetahuan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117009
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item