KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGELUARKAN PENDAPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 MODEL PALU

TIARA (2023) KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGELUARKAN PENDAPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 MODEL PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Pembahasan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kemampuan seorang
guru dalam menerapkan keterampilan bertanya di Kelas VII SMP Negeri 18
Model Palu ? 2) Kendala apa saja yang dialami seorang guru terkait dengan
keterampilan bertanya di Kelas VII SMP Negeri 18 Model Palu ? 3 ) Bagaimana
kemampuan siswa mengeluarkan pendapat di kelas VII SMP Negeri 18 Model
Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan
guru dalam menerapkan keterampilan bertanya yang dilakukan guru dalam
meningkatkan kemampuan siswa mengeluarkan pendapat di kelas VII SMP
Negeri 18 Model Palu, Untuk mengidentifikasi kendala apa saja yang di alami
terkait dengan keterampilan bertanya dalam meningkatkan kemampuan siswa
mengeluarkan pendapat di Kelas VII SMP Negeri 18 Model Palu, dan
mendeskripsikan sejauh mana siswa mampu mengeluarkan pendapat di kelas VII
SMP Negeri 18 Model Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah Dua orang guru . Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan data yang terkumpulkan, pengolahan dan analisis, maka hasil
penelitian ini menujukan bahwa 1) Kemampuan seorang Guru dalam menerapkan
keterampilan bertanya, sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat dalam upaya
guru dalam mengadakan persepsi sebelum menyampaikan materi atau setelah
materi pelajaran hari itu. Selain itu guru juga memberikan pujian yang dapat
memotivasi belajar siswa serta menciptakan kondisi atau proses belajar yang
membuat siswa tertarik dan bersemangat mengikuti kegiatan belajar. 2) Kendala
yang di alami seorang Guru terkait keterampilan bertanya yaitu guru telah
berupaya dalam memberi pelajaran atau materi yang disampaikan,memberi
motivasi kepada siswa, hanya saja kurangnya minat siswa pada mata pelajaran
tersebut dan lingkungan yang kurang mendukung siswa untuk belajar sehingga
siswa tidak termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. 3) kemampuan siswa
mengeluarkan pandapat yaitu guru perlu melakukan berbagai cara untuk
meningkatkan pembelajaran siswa dan mengembangkan ide-ide agar siswa dapat
belajar dengan baik dan nyaman apabila sarana dan prasaran belum memadai.
Kata Kunci: Keterampilan , Guru, dan Kemampuan Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117010
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item