KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG

ADELIA DWI WIGATI (2021) KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Adelia Dwi Wigati, Stambuk B40117024. Judul Skripsi “Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong” dibimbing oleh Hasbullah selaku Pembimbing Utama dan Irwansyah Kamindang selaku Pembimbing Pendamping.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai pada kantor Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Landasan teori yang digunakan untuk mengukur kinerja pegawai adalah teori dari Agus Dwiyanto yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purpossive. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 (delapan) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai di kantor Kecamatan Sausu belum sesuai harapan, hal ini dapat dilihat dari aspek produktivitas, yang mana pembuatan profil kecamatan tidak tuntas disebabkan oleh adanya salah satu desa yang tidak bisa memasukkan data penduduk secara rinci dari tahun ke tahun. Persoalan lainnya yakni masih adanya pegawai yang belum bisa mengoperasikan komputer, walaupun ada operator khusus dibagian pelayanan. Aspek kualitas layanan belum cukup baik disebabkan adanya penarikan pungutan liar (pungli) dalam pelayanan administrasi pembuatan e-KTP. Selain itu, masyarakat juga mengeluhkan adanya pemberlakuan pengurusan surat izin menjual bahan bakar minyak (BBM) bagi pengecer dimana urusan administrasinya berbelit-belit dan memakan biaya. Aspek akuntabilitas, kinerja pegawai dalam aspek ini terkesan santai dan agak lambat dalam menjalankan dan mengerjakan tugas, serta adanya pegawai yang masih sering lambat dan tidak disiplin waktu.

Kata kunci : Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117369
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item