WENDI ABDUL GANI (2024) Kohesi Kelompok Dalam Permainan Game PUBG Mobile (Studi Kasus : Peran Komunikasi Virtual Tim Waler E-Sport Di Kota Parigi). ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Wendi Abdul Gani, B 502 22 003, “Kohesi Kelompok dalam 
Permainan Game PUBG Mobile Studi Kasus : Peran Komunikasi Virtual 
Tim Walet E-Sport di Kota Parigiâ€. Program Studi Magister Ilmu 
Komunikasi Pascasarjana Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Sitti Murni 
Kaddi sebagai pembimbing I dan Stepanus Bo’do sebagai pembimbing II.
Penelitian ini menjelaskan bagaimana tim Walet E-Sport membangun 
kohesi kelompok melalui komunikasi dalam game PUBG Mobile serta peran 
komunikasi virtual dalam pengambilan keputusan kelompok tim Walet E-Sport
dalam permainan game PUBG Mobile Metode penelitian yang digunakan adalah 
metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis interaktif mulai 
dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan Kesimpulan. 
Pengumpulan data melalui observasi dalam permainan, dan diluar permainan) 
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tim Walet E-Sport berhasil 
membangun kohesi kelompok melalui proses komunikasi baik secara virtual 
seperti komunikasi dalam game PUBG Mobile, komunikasi dengan Whatsapp
maupun non virtual seperti bertemu secara langsung dan juga melibatkan 
beberapa proses tahapan, adanya faktor pembentukan yang mempengaruhi kohesif 
kelompok, serta indikator dari kekompakkan yang terbentuk Komunikasi virtual 
tim sangat berperan dalam proses pengambilan keputusan tim Walet E-Sport pada 
permainan game PUBG Mobile, hasil dari evaluasi ataupun terkait strategi serta 
informasi lainnya baik pada saat secara langsung maupun tidak langsung pada 
pengaplikasian-nya melalui komunikasi virtual, akan tetapi adanya kendala baik 
dari kode bahasa, kendala teknis, atau budaya ditambah lagi fenomena ataupun 
yang berkaitan dengan groupthink menjadi tantangan sendiri pada pengambilan 
keputusan. Walaupun terdapat tantangan tetapi secara komprehensif peran 
komunikasi virtual pada pengambilan keputusan dalam konteks virtual in game
tim tetap berada dalam koridor yang dinginkan oleh tim. 
Kata Kunci: Kohesi Kelompok, Peran Komunikasi Virtual, Tim Walet E-Sport, 
PUBG Mobile
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117559 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

