KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN

NURRAIDA (2024) KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurraida. (2024). Kompetesi guru dalam perencanaan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Priyatna Prasetyawati.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dampal Selatan dengan 3 masalah yaitu: (1) apa saja perencanaan pembelajaran sejarah yang dibuat oleh guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan? (2) Bagaimana kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan? (3) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan perencanaan pembelajaran sejarah yang dibuat oleh guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan, Untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan, dan untuk Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menemukan tiga hal. Pertama, Tahapan perencanaan pembelajaran yang berbasis Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan melibatkan beberapa tahapan penting, mulai dari penyusunan Prota (Program Tahunan), Prosem (Program Semester), hingga pembuatan Modul Ajar. Kedua, Kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran sejarah berbasis kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Dampal Selatan menunjukkan bahwa guru sejarah telah memiliki kompetensi yang baik. Ketiga, Faktor pendukung dalam penyusunan perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Dampal Selatan yaitu guru yang paham teknologi, sarana dan prasarana. Selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat yaitu pemahaman guru mengenai kurikulum merdeka, proyektor yang masih kurang, jaringan, dan minimnya siswa yang memiliki handphone.

Kata Kunci: Perencanaan Guru, Pembelajaran Sejarah, dan Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117604
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item