KOMPETENSI GURU SEJARAH DALAM MENGEMBANGKAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS XI MIA 2 SMA LABSCHOOL UNTAD PALU

NUGRA OKTAVIDYA (2022) KOMPETENSI GURU SEJARAH DALAM MENGEMBANGKAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS XI MIA 2 SMA LABSCHOOL UNTAD PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugra Oktavidya, 2021. Kompetensi Guru Sejarah Dalam Mengembangkan
Perencanaan Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di
Kelas XI Mia 2 SMA Labschool Untad Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan
Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Misnah
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : bagaimana kompetensi guru sejarah
dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran sejarah untuk meningkatkan
karakter siswa di SMA Labschool Untad Palu? Tujuan penelitian ini yaitu : untuk
mengetahui kompetensi guru sejarah dalam mengembangkan perencanaan
pembelajaran sejarah untuk meningkatkan karakter siswa di SMA Labschool
Untad Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Kopetensi guru
sejarah dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan
karakter siswa di SMA Labschool Untad Palu sudah terlaksana dengan baik hal
ini dibuktikan dengan hasil wawancara peneliti mengenai pada proses
pembelajaran guru penggunaan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) dalam pembelajaran yang menjadi pedoman bagi guru dalam menerapkan
pembelajaran di kelas sehingga para guru dengan mudah menerapkan
pembelajaran kepada siswanya terutama dalam menghadapi siswanya yang
memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Tidak hanya itu guru juga sering
menghadapi kesulitan dalam menghadapi karakteristik siswa, hal ini disebabkan
meningkatnya kemajuan teknologi sehingga memungkinkan para guru untuk
menggunakan berbagai macam cara dalam menghadapinya baik itu dalam
penggunaan metode, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Kopetensi Guru, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117607
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item