RATU AYU KUMALASARI (2023) KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA TUNARUNGU (STUDI KASUS PADA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) TADULAKO MANDIRI KOTA PALU). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ratu Ayu Kumalasari, Stambuk B 501 18 106, Program Studi Ilmu
Komunikasi, Konsentrasi Public Relations. Skripsi “Komunikasi
Instruksional Guru Pada Proses Pembelajaran Siswa Tunarungu (Studi
Kasus Pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Tadulako Mandiri)â€. Di Bawah
Bimbingan Ibu Sitti Murni Kaddi dan Bapak Ahmad Fauzan.
Pendidikan adalah suatu kebutuhan yang sangat penting untuk masa
depan seseorang. Tidak terlepas untuk anak tunarungu. Tunarungu adalah
mereka yang memiliki keterbatasan dalam hal pendengarannya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi instruksional guru pada
proses pembelajaran siswa tunarungu.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
dasar penelitian yaitu metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di
Sekolah Luar Biasa (SLB) Tadulako Mandiri Kota Palu, dengan konsep
penelitian yaitu komunikasi instruksional. Subjek atau informan dalam
penelitian ini berjumlah empat orang yaitu kepala sekolah dan tiga orang guru
tenaga pengajar bagi siswa tunarungu. Penarikan subjek penelitian dilakukan
dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Serta pengumpulan dan
pengolahan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam,
dan dokumentasi sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data
kualitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh
bahwa komunikasi instruksional guru pada proses pembelajaran siswa
tunarungu terjadi dalam bentuk komunikasi total yang berupa gerak bibir,
bahasa isyarat atau simbol, gerakan tangan, tubuh, dan ekspresi wajah. Peneliti
juga menemukan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru
terhadap siswa tunarungu adalah metode oral, metode membaca ujaran,
metode manual, metode pendekatan kepada siswa, dan metode pembelajaran
di luar kelas dengan menggunakan media visual yang disertai dengan gambar,
alat peraga dan benda kongkret yang menjadikan proses pembelajaran dapat
menghasilkan umpan balik dari masing-masing siswa.
Kata Kunci : Komunikasi Instruksional, Proses Pembelajaran, Guru dan
Siswa Tunarungu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117684 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |