KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 3 PALU

RAHMAWATI (2024) KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 3 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa SMP kelas VIII.A, subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket keterampilan berkomunikasi. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan inferensial dengan rumus Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum pemberian layanan konseling kelompok teknik assertive training terdapat 7 siswa dengan klasifikasi keterampilan berkomunikasi kurang tinggi, 1 siswa dengan klasifikasi keterampilan berkomunikasi rendah. Setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik assertive training terdapat 3 siswa dengan klasifikasi keterampilan berkomunikasi sangat tinggi dan 5 siswa dengan klasfikasi keterampilan berkomunikasi tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai T tabelhitung < nilai T tabel maka hipotesis nol (Ho) ditolak yang artinya keterampilan berkomunikasi siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Palu sesudah diberikan konseling kelompok teknik assertive training lebih tinggi dibandingkan sebelum pemberian layanan. Hal ini membuktikan jika konseling kelompok teknik assertive training dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117903
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item