Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 3 Palu

RIRIN ARIANI (2024) Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 3 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ririn, 2023. Konseling kelompok Teknik Cognitive Restructuring untuk
Meningkatkan Academic Hardiness. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan
Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Nurwahyuni, S.S,. M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh konseling
kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan academic
hardiness. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Otomotif di SMK Negeri 3
Palu, instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert yang terdiri
dari 18 item yang diadopsi berdasarkan teori Kobasa dalam penelitian Rahmawati
2014. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan metode deskriptif dan
inferensial menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analisis deskriptif
menunjukkan bahwa sebelum mendapatkan konseling kelompok dengan teknik
cognitive restructuring, 4 siswa yaitu SJR 21%, DA 30%, MRS 35%, dan J 38%
memiliki klasifikasi tingkat academic hardiness sangat rendah dan 2 siswa yaitu
FNR 42?n CJM 52% yang memiliki klasifikasi academic hardiness rendah.
Setelah intervensi konseling kelompok teknik cognitive restructuring, terjadi
peningkatan academic hardiness antara lain: terdapat 5 siswa yaitu SJR 64%, DA
61%, MRS 62%, J 38?n FNR 68% yang memiliki academic hardiness dengan
klasifikasi tinggi dan CJM 84% yang memiliki academic hardiness dengan
klasifikasi sangat tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa academic
hardiness siswa kelas XI jurusan otomotif SMK Negeri 3 Palu sesudah diberikan
konseling kelompok teknik cognitive restructuring lebih tinggi dibandingkan
sebelum diberikan layanan. Hal ini membuktikan bahwa konseling kelompok
teknik cognitive restructuring dapat meningkatkan academic hardiness siswa
kelas XI otomotif di SMK Negeri 3 Palu.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, academic
hardiness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117904
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item