RIRIN ARIANI (2024) Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 3 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Ririn, 2023. Konseling kelompok Teknik Cognitive Restructuring untuk 
Meningkatkan Academic Hardiness. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan 
Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu 
Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Nurwahyuni, S.S,. M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh konseling 
kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan academic 
hardiness. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Otomotif di SMK Negeri 3 
Palu, instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert yang terdiri 
dari 18 item yang diadopsi berdasarkan teori Kobasa dalam penelitian Rahmawati 
2014. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan metode deskriptif dan 
inferensial menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analisis deskriptif 
menunjukkan bahwa sebelum mendapatkan konseling kelompok dengan teknik 
cognitive restructuring, 4 siswa yaitu SJR 21%, DA 30%, MRS 35%, dan J 38% 
memiliki klasifikasi tingkat academic hardiness sangat rendah dan 2 siswa yaitu 
FNR 42?n CJM 52% yang memiliki klasifikasi academic hardiness rendah. 
Setelah intervensi konseling kelompok teknik cognitive restructuring, terjadi 
peningkatan academic hardiness antara lain: terdapat 5 siswa yaitu SJR 64%, DA 
61%, MRS 62%, J 38?n FNR 68% yang memiliki academic hardiness dengan 
klasifikasi tinggi dan CJM 84% yang memiliki academic hardiness dengan 
klasifikasi sangat tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa academic 
hardiness siswa kelas XI jurusan otomotif SMK Negeri 3 Palu sesudah diberikan 
konseling kelompok teknik cognitive restructuring lebih tinggi dibandingkan 
sebelum diberikan layanan. Hal ini membuktikan bahwa konseling kelompok 
teknik cognitive restructuring dapat meningkatkan academic hardiness siswa 
kelas XI otomotif di SMK Negeri 3 Palu.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, academic 
hardiness.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117904 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

