KONSISTENSI DAN EFEKTIVITAS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KAB. SIGI TERHADAP KONSEP DINAMIKA MENGGUNAKAN FORCE CONCEPTUAL INVENTORY (FCI)

NENI TRIANA (2022) KONSISTENSI DAN EFEKTIVITAS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KAB. SIGI TERHADAP KONSEP DINAMIKA MENGGUNAKAN FORCE CONCEPTUAL INVENTORY (FCI). ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Neni Triana, 2021. Konsistensi dan Efektivitas Pemahaman Konsep Siswa di

Sekolah Menengah Atas Negeri Kab. Sigi Terhadap Pemahaman Konsep Dinamika dengan Menggunakan FCI. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Darsikin, Pembimbing Anggota: Sahrul Saehana.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konsistensi dan efektivitas pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang telah mempelajari materi dinamika partikel sebanyak 42 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dinamika partikel berupa tes pilihan ganda bernalar sebanyak 23 angka dan angket keefektifan pemahaman konsep siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik memiliki tingkat konsistensi dan keefektifan dalam menjawab soal. Karena pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara detail dan sistematis. Siswa dengan kemampuan pemahaman konseptual yang cukup memiliki tingkat keefektifan yang rendah dan jawaban pertanyaan tidak dijawab secara rinci, tidak sistematis. Hal ini ditandai dengan coretan masing-masing jawaban, pemahaman masalah.

Kata Kunci : Konsistensi & Efektivitas Pemahaman Konsep, Penilaian FCI

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/117937
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item