KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN BALAESANG, KABUPATEN DONGGALA (Studi Tentang Pelayanan E-KTP)

SORAYA PUTRI YAKUB (2023) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN BALAESANG, KABUPATEN DONGGALA (Studi Tentang Pelayanan E-KTP). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

SORAYA PUTRI YAKUB B40118017, “Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala (studi tentang pelayanan e-KTP)”. Dibimbing oleh Hartawan sebagai pembimbing utama dan Irwansyah Kamindang sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian in bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala (studi tentang pelayanan administrasi kependudukan e-KTP). Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik purposive. Data yang terkumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan data kemudian dianalisis dengan metode kualitatif yang didasarkan analisis model Milles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari 3 tahap yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini menggunakan teori dari Talidzuhu Ndraha dengan 4 aspek yaitu Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan e-KTP di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Catatan Sipil (Capil) Kecamatan Balaesang, dari keempat aspek yaitu, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan antara lain belum adanya standar operasional prosedur (SOP) yang jelas, seperti tidak adanya standar waktu pelayanan, minimnya biaya operasional dan adanya diskriminatif (terjadi pungutan liar) dengan mendahulukan masyarakat yang membayar lebih agar cepat dalam proses penyelesaian layanan e-KTP.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik dan E-KTP

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118309
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item