Kualitas Pelayanan Masyarakat Pengguna Kartu Indonesia Sehat Di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore

INDRAWAN (2021) Kualitas Pelayanan Masyarakat Pengguna Kartu Indonesia Sehat Di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indrawan (B 401 18 122) dengan judul “Kualitas Pelayanan Masyarakat
Pengguna Kartu Indonesia Sehat di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga
Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore”. Dibimbing oleh Asrifai (Pembimbing
1) dan Sulfitri Husain (Pembimbing 2).
Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan
Masyarakat pengguna Kartu Indonesia di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga
Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah yang dikemukakan Sulastiyono (2011: 35-36) dimana ada lima aspek yang
digunakan yaitu Kehandalan (Reability), Daya tanggap (Responsiveness),
Jaminan/Kepastian (Assurance), Kepedulian (Empathy), dan Bukti nyata (Tangibles).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dasar penelitian kualitatif,
dengan tipe pendekatan penelitian deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa, Kualitas Pelayanan Masyarakat Pengguna
Kartu Indonesia Sehat di Puskesmas Pembantu Bumi Roviga Kelurahan Tondo
Kecamatan Mantikulore masih ada yang harus diperbaiki dan perlu ditingkatkan, jika
dilihat dari keseluruhan proses pelayanan yang diberikan, serta kelima aspek
penilaian, yang menjadi permasalahannya terdapat pada dua aspek yaitu
Responsiveness atau daya tanggap terkait dengan kemampuan pelayanan pegawai
puskesmas kepada pengguna KIS yang terkesan biasa-biasa saja, dan aspek Tangibles
atau bukti nyata terkait dengan jumlah fasilitas tempat duduk yang disediakan
terbatas atau kurang. Dari kedua aspek tersebut perlu di tingkatkan untuk kualitas
pelayanan yang baik. Dari aspek lainnya Kehandalan (Reability), Jaminan/Kepastian
(Assurance), dan Kepedulian (Empathy) sudah berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kehandalan, Daya Tanggap,
Jaminan/Kepastian, Kepedulian dan Bukti Nyata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118432
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item