YOLA FERDIYANA SEPANG (2021) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Yola Ferdiyana Sepang Stambuk B 401 17 078, Dengan Judul “Kualitas
Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat
Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kota Palu†Dibimbing oleh Isbon Pageno
(Pembimbing I) dan La Huzen Zuada (Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan
Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI)
Kota Palu. Tipe penelitian ini adalah deskriptif sedangkan dasar penelitian bersifat
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima)
orang. Dalam penelitian ini pemilihan informan diambil secara Purposive.
Penelitian ini menggunakan teori Zaithhaml, Parasuraman, dan Berry (dalam
Hardiansyah, 2011:46) di mana ada 5 (lima) indikator yang digunakan dalam
mengukur Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I
Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kota Palu. Kelima indikator tersebut adalah
tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya
tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati).
Berdasarkan hasil penelitian ini menemukan bahwa Kualitas Pelayanan
Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI)
Kota Palu belum maksimal. Berdasarkan 5 (lima) indikator yang digunakan,
terdapat 3 (tiga) indikator yang sudah berjalan dengan maksimal yaitu Reliability
(kehandalan), ressponsiveness (daya tanggap), dan emphaty (empati). Namun
terdapat 2 (dua) indikator yang belum maksimal tangibles (bukti langsung) yaitu
kurangnya fasilitas di ruang tunggu, lahan parkir yang kurang memadai,
kurangnya loket pengurusan paspor. Assurance (Jaminan) yaitu ketepatan waktu
penyelesaian pembuatan paspor. Maka disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan
Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tempat Pemeriksaan Imigrasi
(TPI) Kota Palu belum maksimal.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti Langsung, Kehandalan, Daya
Tanggap, Jaminan, Empati.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118469 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |