Kualitas Pelayanan Perusahaan Listrik Negara Rayon Di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali

NURLATIFAH (2022) Kualitas Pelayanan Perusahaan Listrik Negara Rayon Di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan
Perusahaan Listrik Negara Rayon Di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten
Morowali. Tipe penelitian ini adalah adalah deskriptif sedangkan dsar penelitian
ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa
penelitian pustaka, penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara,
dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5(lima) orang. Dalam
penelitian ini pemilihan informan diambil secara Purposive. Penelitian ini
menggunakan teori Zaithhaml, Parasuraman, Dan Berry (Dalam Hardiansyah,
2011:46) dimana ada 5 (lima) indikator yang digunakan dalam mengukur Kualitas
Pelayanan PLN Rayon Di Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali.
Kelima indikator tersebut adalah tangibles (bukti langsung), reliability
(kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty
(empati).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa Kualitas Pelayanan
Perusahaan Listrik Negara Rayon Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten
Morowali dengan menggunakan lima indikator yaitu: Tangiibility, Reability,
Responsiveness, Assurance, Dan Emphaty sudah berjalan dengan baik tetapi
belum sepenuhnya maksimal. Berdasarkan kelima indikator tersebut yang sudah
berjalan dengan baik yaitu, Reability (Dalam pelayanan yang di berikan sudah
dengan baik dan mengoperasionalkan alat bantu pula sudah dengan baik, sigap),
Responsiveness (Dalam pelayanan yang diberikan karyawan PLN selalu
memberikan respon yang cepat dan baik kepada masyarakat), Assurance
(Pelayanan di kantor PLN Bungku Tengah sudah cepat, dan tangkap karena di
bantu melalui gawaidengan aplikasi PLN Mobile), Dan Emphaty (Adil dan tidak
diskriminatif serta sopan santun dan ramah ketika masyarakan membutuhkan
bantuan tenaga PLN) akan tetapi ada satu indikator yang belum sepenuhnya
maksimal yaitu Tabgibles kurangnya fasilitas sarana dan prasarana seperti
mushola, kantin dan ruangan merokok. Pada indikator Tangibility lebih
meningkatkan fasilitas sarana dan prasana untuk menunjang proses pelayanan
demi kepuasa serta kenyamanan masyarakat, seperti mushola, kantin dan ruangan
merokok agar membuat masyarakat nyaman saat melakukan pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118495
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item