KUALITAS PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MOROWALI UTARA

TIKA SRIYATI DAMANTU (2021) KUALITAS PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MOROWALI UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tika Sriyati Damantu, Stambuk B 401 18 192, Judul : Kualitas Pelayanan
Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara.
Pembimbing I Sitti Chaeriah Ahsan, dan Pembimbing II Nastainuddin Bolong.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara,
tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Pelayanan yang ada di Kantor
Pertanahan Kabupaten Morowali Utara dalam hal ini pelayanan Sertifikat Tanah.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif-kualitatif. Dalam penelitian
ini untuk menentukan informan menggunakan metode purposive. Di mana peneliti
secara sengaja memilih orang-orang yang di pandang memahami masalah yang
diteliti. Penelitian ini menggunakan teori dari Ndraha yang menyatakan ada empat
aspek yang menentukan kualitas pelayanan. Adapun keempat aspek tersebut
adalah kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Jumlah informan dalam
penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang yaitu terdiri dari dua pejabat kantor dan tiga
orang masyarakat penerima layanan sertifikat tanah. Dalam teknik pengumpulan
data, penulis menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan penelitian
pustaka.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Pelayanan Sertifikat
Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara belum maksimal. Hal ini
dapat ditinjau dari empat aspek, dimana dua aspek sudah berjalan dengan baik
yaitu aspek ketepatan dan keadilan dan dua aspek yang belum berjalan dengan
baik yaitu aspek kecepatan dan kemudahan. Aspek ketepatan dan aspek keadilan
sudah berjalan dengan baik dilihat dari hasil penelitian bahwa pegawai di Kantor
Pertanahan Kabupaten Morowali Utara sudah datang tepat waktu, mampu
merespon cepat keluhan masyarakat serta tidak memilih-milih dalam memberikan
pelayanan. Sementara aspek kecepatan dan kemudahan belum berjalan dengan
baik dilihat dari hasil penelitian bahwa waktu penyelesaian pengurusan sertifikat
tanah masih belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta persyaratan
pengurusannya berbelit-belit. Dalam mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya
Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara menambah jumlah sumber daya
aparatnya dan mempermudah pengurusan sertifkat tanah.
Kata Kunci : Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Keadilan, Kemudahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118529
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item