TIKA SRIYATI DAMANTU (2021) KUALITAS PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MOROWALI UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Tika Sriyati Damantu, Stambuk B 401 18 192, Judul : Kualitas Pelayanan 
Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara. 
Pembimbing I Sitti Chaeriah Ahsan, dan Pembimbing II Nastainuddin Bolong.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara, 
tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Pelayanan yang ada di Kantor 
Pertanahan Kabupaten Morowali Utara dalam hal ini pelayanan Sertifikat Tanah.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif-kualitatif. Dalam penelitian 
ini untuk menentukan informan menggunakan metode purposive. Di mana peneliti 
secara sengaja memilih orang-orang yang di pandang memahami masalah yang 
diteliti. Penelitian ini menggunakan teori dari Ndraha yang menyatakan ada empat 
aspek yang menentukan kualitas pelayanan. Adapun keempat aspek tersebut 
adalah kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Jumlah informan dalam 
penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang yaitu terdiri dari dua pejabat kantor dan tiga
orang masyarakat penerima layanan sertifikat tanah. Dalam teknik pengumpulan 
data, penulis menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan penelitian 
pustaka.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Pelayanan Sertifikat 
Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara belum maksimal. Hal ini 
dapat ditinjau dari empat aspek, dimana dua aspek sudah berjalan dengan baik 
yaitu aspek ketepatan dan keadilan dan dua aspek yang belum berjalan dengan 
baik yaitu aspek kecepatan dan kemudahan. Aspek ketepatan dan aspek keadilan
sudah berjalan dengan baik dilihat dari hasil penelitian bahwa pegawai di Kantor 
Pertanahan Kabupaten Morowali Utara sudah datang tepat waktu, mampu 
merespon cepat keluhan masyarakat serta tidak memilih-milih dalam memberikan 
pelayanan. Sementara aspek kecepatan dan kemudahan belum berjalan dengan 
baik dilihat dari hasil penelitian bahwa waktu penyelesaian pengurusan sertifikat 
tanah masih belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta persyaratan 
pengurusannya berbelit-belit. Dalam mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya 
Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Utara menambah jumlah sumber daya 
aparatnya dan mempermudah pengurusan sertifkat tanah.
Kata Kunci : Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Keadilan, Kemudahan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan Library of Congress Subject Areas > J Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118529 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

