FILKA ADELAH (2022) LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI SISWA SMA NEGERI 8 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Filka Adelah, 2021. Layanan Bimbingan Karir Berbasis Life Skill Untuk
Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Memilih Jurusan di Perguruan
Tinggi Siswa SMA Negeri 8 Palu, Program Studi Bimbingan dan
Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan bimbingan karir
berbasis life skill untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam memilih jurusan di
Perguruan Tinggi siswa SMA Negeri 8 Palu. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain non-
equivalent control group design terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palu.
Teknik analisis data yang digunakan meliputi: 1) uji normalitas; 2) uji
homogenitas; dan 3) uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kepercayaan diri dalam memeilih jurusan siswa lebih tinggi setelah diberikan
layanan bimbingan karir berbasis life skill. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis
yang menggunakan perhitungan independent sample t-test diketahui bahwa
terdapat perbedaan hasil tes akhir kepercayaan diri siswa yang mendapat
bimbingan karir berbasis life skill dengan siswa yang mendapat bimbingan secara
umum. Rata-rata skor hasil tes awal pre-test kepercayaan diri siswa kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol memiliki selisih 4, dimana rata-rata skor pre-
test kelompok eksperimen 53,3 dan kelompok kontrol 49,3. Setelah diberi
perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, skor rata-rata post-
test kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen yang mendapat bimbingan karir
berbasis life skill lebih tinggi dari pada rata-rata hasil post-test siswa kelompok
kontrol yang mendapat bimbingan secara umum, selisih dari rata-rata kedua
kelompok adalah 14, dimana rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 76,5
dan kelompok kontrol 62,5. Perbedaan rata-rata skor post-test inilah yang
menunjukkan bahwa bimbingan karir berbasis life skill efektif untuk
meningkatkan kepercayaan diri dalam memilih jurusan di Perguruan Tinggi.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri dalam Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi,
Bimbingan Karir Berbasis Life Skill
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118648 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |