LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 DAMPELAS

SULVINA L (2023) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 DAMPELAS. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas layanan
bimbingan kelompok teknik modelling simbolis dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah skala motivasi belajar siswa. Data diolah
dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan
melalui analisis statistik menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada
taraf kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan
bahwa motivasi belajar siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan
kelompok teknik modelling simbolis, terdapat 7 siswa memiliki motivasi belajar
rendah dan 3 siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah. Setelah mengikuti
layanan bimbingan kelompok teknik modelling simbolis motivas belajar siswa
kelas XI SMA Negeri 2 Dampelas yaitu 2 siswa yang mengalami peningkatan
motivasi belajar dari sangat rendah menjadi rendah. Ada perbedaan motivasi
belajar antara sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok
dengan teknik modelling simbolis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan
bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolis efektif meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Dampelas .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118649
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item