Layanan Konseling Individual Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home

RISNAWATI A (2021) Layanan Konseling Individual Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Risnawati. A, 2021. “Layanan Konseling Individual Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Mardi Lestari.
Permasalahan utama penelitian ini adalah motivasi belajar siswa broken home sebelum diberikan konseling individual teknik self talk lebih rendah yang ditunjukkan dengan tidak memiliki harapan (have no hope), sikap menghindar (avoidance), cepat merasa puas dengan hasil belajar (quickly feel satisfied with learning outcomes), mekanisme defence, dan sikap gampang cemas (anxiousattitude). Tujuan utama dalam penelitian ini menjelaskan pengaruh layanan konseling individual teknik self talk untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Subjek dalam penelitian adalah 2 orang siswa. Pemberian angket dilakukan sebanyak dua tahap yakni tahap pertama sebelum dilaksanakan konseling individual teknik self talk dan tahap kedua setelah dilaksanakan konseling individual teknik self talk. Data penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus Wilcoxon sign rank test pada taraf kepercayaan 95% (?=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa broken home sebelum diberikan layanan konseling individual teknik self talk, antara lain : 2 siswa yaitu AA dengan persentase 33,33?n MR dengan persentase 31,25% yang keduanya memiliki motivasi belajar dengan klasifikasi rendah. Setelah diberikan layanan konseling individual teknik self talk, antara lain : 2 siswa yaitu AA dengan persentase 77,08?n MR dengan persentase 81,25% yang keduanya memiliki motivasi belajar dengan klasifikasi tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa broken home setelah diberikan layanan konseling individual teknik self talk meningkat dibandingan sebelum diberikan layanan konseling individual teknik self talk.

Kata Kunci: Self Talk, Motivasi Belajar, Konseling Individual, Broken Home

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118654
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item