M E N I N G K A T K A N H A S I L B E L A J A R S I S W A PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELAS VI SD INPRES KECIL SALENA KOTA PALU

SUHAEDI (2022) M E N I N G K A T K A N H A S I L B E L A J A R S I S W A PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELAS VI SD INPRES KECIL SALENA KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suhaedi (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas VI SD Inpres Kecil Salena Kota Palu.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1:
Huber Yaspin Tandi, Pembimbing 2: Rizal.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penggunaan metode
tanya jawab dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VI SD Inpres Kecil Salena Kota Palu? Tujuan penelitian ini yaitu untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan
metode tanya jawab di kelas VI SD Inpres Kecil Salena Kota Palu. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Inpres Kecil Salena Kota
Palu, melibatkan 27 orang siswa terdiri atas 11 orang laki-laki dan 16 orang
perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua
siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan
setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh
ketuntasan klasikal 52?n daya nilai rata-rata hasil belajar siswa 59%. Pada
tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 92?n nilai rata-rata hasil belajar
siswa 81%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator
keberhasilan dengan ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n nilai rata-rata
hasil belajar siswa minimal 65%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Inpres
Kecil Salena Kota Palu.
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Metode Tanya Jawab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118691
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item