PIPING H. IBRAHIM (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KOLABORASI DI KELAS V SDN 24 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak
Piping H. Ibrahim. Manajemen pembelajaran kolaborasi di kelas V SDN 24
Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
(UNTAD) Palu Pembimbing 1 Rizal, Pembimbing 2 Muhamad Aqil.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran
kolaborasi di kelas V SDN 24 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru, siswa, dan kepala
sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran kolaborasi
di SDN 24 Palu telah dilaksanakan dengan baik, meskipun terdapat beberapa
tantangan dalam pelaksanaannya. Proses perencanaan pembelajaran melibatkan
strategi kolaboratif yang mengutamakan keterlibatan aktif siswa dalam diskusi
kelompok, sementara pelaksanaan pembelajaran lebih berfokus pada penguatan
kerjasama antar siswa. Pengelolaan kelas juga dilakukan dengan memperhatikan
dinamika kelompok dan kebutuhan individu. Meskipun demikian, beberapa faktor
seperti keterbatasan fasilitas dan waktu menjadi kendala dalam mengoptimalkan
pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk
meningkatkan pelatihan bagi guru dalam hal manajemen kolaborasi serta
peningkatan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran
kolaboratif yang lebih efektif. Sehingg berdasarkan penelitian diperoleh data
Sangat Setuju (SS): 40,79%, Setuju (S): 44,92%Tidak Setuju (TS): 9,47% Sangat
Tidak Setuju (STS): 9,47%. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa
pembelajaran kolaborasI Sangat baik untuk di terapkan. Secara keseluruhan, data
ini mencerminkan kinerja yang sangat baik di antara sebagian besar individu atau
entitas yang dinilai. Namun, penting untuk tetap fokus pada upaya peningkatan
berkelanjutan, terutama untuk mereka yang berada di kategori yang lebih rendah,
agar semua pihak dapat bergerak menuju kinerja yang optimal
Kata kunci : Manajemen, Pembelajaran Kolaborasi, Prestasi siswa
Abstract
Piping H. Ibrahim. The Management of Collaborative Learning in Class V of
SDN 24 Palu. Undergraduate Thesis, Elementary School Teacher Education Study
Program, Education Departement, Teacher Training and Co-Supervisor, Muhammad
Aqil.
This study aims to analyze the management of collaborative learning in class V
of SDN 24 Palu. This study applied qualitative descriptive approach with data
collection techniques through observartion, interviews, and documention. The subjects
consisted of teachers, students, and principals. The resules of the study indicate that
the management of collaborative learning of SDN 24 Palu has been implemented well,
although there are several challenges in its implemantion. The learning planning
process involves collaborative strategies that the prioritize active student involvement
in group discussions, while the implementation of learning focuses more on
strengthening cooperation between students. Class management is also carried out by
considering group dynamics and indovidual beeds. However, several factors succh as
limited facilities and time are obstracles in optimizing collaborative learning. This
study provides recommendations for improving training for teacher in terms of
collaboration management and improving facilities and infrastructure to support more
effective collaborative learning activities. So based on the study, the data obtained were
Strongly Agree : 40.79% Agree: 44.92% Disagree: 9.47% Strongly Disagree: 9.47?sed on These data, it shows that collaborative learning is Very good ti be
implemented. Overall, these data reflect excellent performance among the majority of
ondividuals or entities assessed . however, it is important to remain focused on
continous improvement efforts, especially for those in the lower categories, so that all
parties can move towards optimal permormance
Keywords: Management, Collaborative Learning, Student Achievement
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118939 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |