MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 TOILI KABUPATEN BANGGAI PROPINSI SULAWESI TENGAH

SAFIUDDIN (2021) MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 TOILI KABUPATEN BANGGAI PROPINSI SULAWESI TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Manajemen
Pembiayaan terhadap peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 2 Toili
Kabupaten Banggai. Jenis Penelitian ini deskriptif dan peneliti menggunakan
pendekatan analisis kualitatif. Pengumpulan Data dalam penelitian ini dilakukan
melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informan secara
purposive. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Toili Kabupaten Banggai. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Manajemen George R. Terry yang
meliputi : indikator sebagai berikut Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan
Pengawasan (Siagian, 1996:56)
Berdasarkan Hasil penelitian ini bahwa: 1) Perencanaan Anggaran di SMA
Negeri 2 Toli telah berjalan dengan baik, dan disusun berdasarkan peraturan yang
berlaku, hal ini dibuktikan dengan Dokumen RKJM, RKT, dan RKAS. 2)
Manajemen pengorganisasia, pengololaan pengolompokan dalam pengaturan pola
kerja untuk mencapai tujuan organisasi berjalan dengan baik, ini dibuktikan dengan
hasil kerja Tim secara administrasi setiap unsur pelaksana tersusun dengan rapi. 3)
Pelaksanaan program 8 standar pendidikan nasional telah terlaksana, namun
beberapa aspek yang dilaksanakan tidak mencapai tujuan secara maksimal karena
keterbatasan (Sarana, Tenaga, dan Anggaran). Hal ini terlihat bahwa masih
kurangnya guru, Sarana prasaran belum maksimal dan jumlah anggaran masih
sangat minim, sehingga capaian tujuan Pendidikan nasional belum maksimal.
Pendapatan dan belanja Sekolah dari Danah Bos terlaksana 100%, Pendapatan dan
belanja Sekolah Dana Iuran/Sumbangan pendidikan dari orang Tua tidak terlaksana
secara maksimal karena beberapa aspek yaitu Terdapat beberapa siswa kurang
mampu, Yatim Piatu yang tidak dipungut iuran darinya. Orang tua siswa sebagian
besar adalah petani sehingga pembayaran iuran/sumbangan pendidikan sering
terlambat. 4) Pelaksanaan pengawasan dan Evaluasi telah berjalan sesuai
perencanaan. Walaupun pelaksanaan program kerja belum maksimal sesuai rencana
maka dari pengawasan muncul rekomendasi untuk dijadikan acuan peningkatan
mutu pendidikan kedepan dalam hal penyusunan perencanaan anggaran dan
realisasi anggaran berikutnya.
Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan (Perencanaan, Pengorganisasian,
Pelaksanaan, Pengawasan) ? Peningkatan Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Administrasi Publik
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/118940
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item