MANAJEMEN RELASI PUBLIC RELATIONS BAKRIE CENTER FOUNDATION DALAM MENJALIN DAN MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN MITRA (Studi Kasus Kemitraan Terhadap Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis Kota Makassar)

AWANDA SUCI RAMADANI (2023) MANAJEMEN RELASI PUBLIC RELATIONS BAKRIE CENTER FOUNDATION DALAM MENJALIN DAN MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN MITRA (Studi Kasus Kemitraan Terhadap Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis Kota Makassar). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Awanda Suci Ramadani B50119093 “Manajemen Relasi Public
Relations Bakrie Center Foundation Dalam Menjalin Dan Mempertahankan
Hubungan Baik Dengan Mitra (Studi Kasus Kemitraan Terhadap Yayasan
Masyarakat Peduli Tuberkulosis)”. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Program Studi Ilmu Komunikasi. Dibawah Bimbingan Ilyas Dan Risqy
Alfiyaty.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen relasi yang
dilakukan Public Relations Bakrie Center Foundation (BCF) dalam menjalin dan
mempertahankan hubungan baik dengan mitra Yayasan Masyarakat Peduli
Tuberculosis (YAMALI TB) yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Metode
pada penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif dengan dasar penelitian studi
kasus, dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara
mendalam terhadap tiga informan yang dipilih dengan menggunakan purposive
sampling. Hasil penelitian menunjukkan Public Relations BCF dalam manajemen
relasi terhadap mitra YAMALI TB menggunakan tahapan manajemen model
SMARTS, (1).Scan, analisis yang dilakukan dengan melihat progress Yamali TB,
pada program LEAD Indonesia. (2).Map, strategi komunikasi interpersonal dipilih
BCF dalam menjalin hubungan baik dengan YAMALI TB. (3).Act, tahap
memproduksi KPI (Key Performance Indicators) untuk mahasiswa magang.
(4).Rollout, tahap pelaksanaan dilakukan secara luring dan daring, antara
YAMALI TB dan mahasiswa dilaksanakan luring, sedangkan BCF ke YAMALI
TB dan mahasiswa dilaksanakan secara daring. (5).Track, evaluasi dilakukan
setiap bulan dan tingkat keberhasilan diukur melalui KPI (Key Performance
Indicators) yang telah terlaksana. (6).Steward, upaya menjaga kualitas relasi
seperti, membuat dokumen yang berisi tamplate basa basi, membuat grup
whatsapp alumni program BCF, dan menjaga komunikasi antar lembaga.
Kata Kunci: Manajemen Relasi, Public Relations, Mitra, Hubungan Baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119050
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item