LEVIANA MANGOPO (2024) MANAJEMEN STRATEGI PELAYANAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGUJIAN DAN SERTIFIKASI MUTU BARANG PROVINSI SULAWESI TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
LEVIANA MANGOPO (B10222003). Manajemen Strategi Pelayanan Pada
Unit Pelayanan Teknis Pengujian Dan Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Sulawesi
Tengah. (Dimbimbing Oleh H. Slamet Riadi dan M. Nur Alamsyah).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis manajemen strategi
pelayanan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang
(PSMB) Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan tipe penelitian deskriptif.
Hasil penelitian berdasarkan teori manajemen strategi menurut Salusu (2006)
mencakup perencanaan strategi dan penerapan manajemen strategi menunjukkan
sudah berjalan dengan baik namun belum optimal. Hal itu dapat dilihat pada aspek
perencanaan strategis berdasarkan analisis SWOT menunjukkan keempat faktor
masing-masing yakni strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities
(peluang), dan threats (ancaman), terpenuhi semuanya. Hal itu menunjukkan bahwa
strategi peningkatan pelayanan yang dijalankan oleh UPT PSMB provinsi Sulawesi
Tengah masih perlu dievaluasi, diperbaharui dan dirumuskan kembali untuk lebih
efektif dan efisien dalam pelaksanaannya. Pada aspek penerapan manajemen strategi
dapat dilihat masih terdapat kelemahan antara lain pelayanan yang belum optimal,
minimnya promosi dan sosialisasi, minimnya fasilitas, keterbatasan lini jasa, dan
penggunaan teknologi yang belum Up-To Date. Terdapat faktor penghambat
peningkatan pelayanan UPT PSMB provinsi Sulawesi Tengah yakni keterbatasan
tenaga teknis yang tidak sesuai kualifikasi pendidikan dan latar belakang pendidikan
dengan tugas yang dibebankan, kurangnya ketersediaan alat standar yang akan
digunakan untuk pengujian dan kalibrasi, serta pendanaan terbatas dan kurangnya
motivasi personil UPT PSMB provinsi Sulawesi Tengah.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Manajemen Strategi, Pelayanan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Administrasi Publik |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119079 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |