MANFAAT LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BAMBALAMOTU DI KELURAHAN BAMBALAMOTU KECAMATAN BAMBALAMOTU KABUPATEN PASANGKAYU

MUH FUDAIL M (2022) MANFAAT LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BAMBALAMOTU DI KELURAHAN BAMBALAMOTU KECAMATAN BAMBALAMOTU KABUPATEN PASANGKAYU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Muh Fudail. M (2021). Manfaat Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran
Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bambalamotu di Kelurahan
Bambalamotu Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Pasangkayu. Skripsi Program
Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Pembimbing: Samuel
Sanda Patampang.
Tujuan dalam penelitian ini: (1) Mengidentifikasi Manfaat lingkungan sebagai
sumber pembelajaran geografi SMA Negeri 1 Bambalamotu (2) Mengidentifikasi
kendala yang menghambat dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber
pembelajaran geografi SMA Negeri 1 Bambalamotu. Jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian siswa kelas
XI IPS SMA Negeri 1 Bambalamotu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat 89,29 % siswa yang menyatakan senang hingga sangat senang
mengikuti pelajaran geografi dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber
belajar. Sedangkan hanya 10,71 % siswa yang menyatakan kurang senang hingga
tidak senang mengikuti pelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai
sumber belajar. Kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran
dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar antara lain: 1. Sumber
belajar yang terdapat di lingkungan sekitar terbatas 2. Memerlukan banyak waktu
3. Kegiatan terkesan main-main karena kurang dipersiapkan 4. Guru tidak perna
menerapkan pembelajaran di lingkungan 5. Kurangnya fasilitas sekolah yang
dibutuhkan pada saat di lapangan 6. Terbatasnya kegiatan karena adanya aturan
PPKM dari pemerintah 7. Guru susah dalam mengkondisikan siswa 8. Sempitnya
pandangan guru bahwa kegiatan belajar hanya dilakukan di dalam kelas 9. Proses
pembelajaran terkesan main-main 10. Siswa kesulitan dalam merangkum hasil
pembelajaran 11. Memerlukan biaya untuk kegiatan pembelajaran di lingkungan
12. Perizinan dari orang tua siswa 13 Pada saat kerja kelompok tidak semua aktif
dalam tugas kelompoknya.
Kata kunci: Manfaat Lingkungan, Sumber Belajar, Pembelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119094
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item