MEMPERBAIKI KEAHLIAN MENULIS SISWA KELAS 10 DI SMA NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU MELALUI TEKNIK KOLABORATIF

GOWAN (2020) MEMPERBAIKI KEAHLIAN MENULIS SISWA KELAS 10 DI SMA NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU MELALUI TEKNIK KOLABORATIF. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk menemukan bahwa menggunakan collaborative technique dapat memperbaiki kemampuan menulis siswa di siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Bolano Lamnunu. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi experimental yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampelnya adalah X IPA 3 sebagai kontrol kelas dan X IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Sampel dari penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random. Instrumen dalam pengumpulan data adalah pre-test and post-test. Hasil dari analisis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Itu bisa dibuktikan dengan melihat skor rata-rata dari kedua hasil tes dimana skor rata-rata kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 38.33 ke 76.11. Sementara, skor rata-rata kelas kontrol meningkat dari 34.99 menjadi 53.89. Kemudian, dengan menerapkan 38 sebagai derajat kebebasan (df ) dan 0.05 tingkat signifikan, mempersembahkan bahwa t-hitung (5.05) lebih besar dari t-table (1.68). Dengan demikian telah dinyatakan bahwa menggunakan collaborative technique dapat memperbaiki keahlian menulis pada siswa kelas 10 di SMA Negeri 1 Bolano Lambunu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119180
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item