Menentukan Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel Menggunakan Algoritma Naive Bayes ( Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan)

NIRWANA S. MANGIL (2024) Menentukan Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel Menggunakan Algoritma Naive Bayes ( Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya kebutuhan manusia akan telekomunikasi mendorong perusahaan operator
seluler untuk menghadirkan layanan komunikasi yang cepat dan tak terbatas oleh
ruang dan jarak. Hal tersebut yang mendorong perusahaan operator seluler di
Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan melalui fasilitas pelayanan
yang ditawarkan seperti yang dilakukan Telkomsel. Penelitian bertujuan
mendapatkan gambaran kepuasan pelanggan kartu prabayar Telkomsel dengan
menggunakan algoritma Naïve Bayes pada mahasiswa FMIPA Universitas Tadulako.
Data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 96 data yang dibagi menjadi 72
data training dan 24 data testing. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa 8
Mahasiswa menyatakan tidak puas dan 16 mahasiswa menyatakan puas terhadap
kartu prabayar Telkomsel, dengan tingkat akurasi sebesar 95,83?n error sebesar
4,17%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan algoritma Naive Bayes dapat
digunakan untuk menentukan kepuasan pelanggan kartu prabayar. Penelitian ini
berpotensi menghasilkan bias karena data yang digunakan tidak representatif terhadap
populasi dan tidak dilakukan stratifikasi. Akibatnya, hasil penelitian ini menjadi
terbatas dan tidak dapat mewakili populasi.
Kata Kunci :Algoritma Naive Bayes, Kartu Prabayar Telkomsel, KepuasanPelanggan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA > Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119222
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item