PUTRI YULIATI (2022) Menganalisis Kesalahan Siswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Pertama Dalam Mengucapkan Bunyi Dental Fricative. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Putri Yuliati (A 121 17 127). An Analysis of Error in Pronouncing Dental
Fricative Sounds by the First-Year Students of English Education Study
Program. Skripsi English Education Study Program, Language and Art Education
Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University, under
the supervision of Ferry Rita and Zarkiani Hasyim.
This research was aimed to obtain the most problematic dental fricative sounds to
pronounce and to determine what factor cause the error in pronouncing dental
fricative sounds. The researcher applied descriptive qualitative design by
purposive sampling technique to choose the participants. There were 15
participants taken from the first-year students of English Education Study Program
2020/2021. Technique of data collection were documents and interview. The
document is in the form of speaking video from the participants, used to analyze
students’ pronunciation and the interview used to decide the factor of students’
error. The instrument of this research were audio recording and interview
guideline. The result of the research showed that the frequency of students error
were 15 percent in /?/ sound and 85 percent in /ð/ sound. Most of the students
substituted sound /?/ with /t/ and sound /ð/ with /d/. They made the error because
they have interference from their mother tongue. Thus, the most problematic
dental fricative sound is /ð/ sound and factor causes the students to make an error
is interlingual transfer.
Keywords : Pronunciation, Error, Dental, Fricative
Putri Yuliati (A 121 12 127). Menganalisis Kesalahan Siswa Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Pertama Dalam Mengucapkan Bunyi
Dental Fricative. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, di bawah bimbingan Ferry Rita dan Zarkiani Hasyim.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bunyi dental fricative yang paling
bermasalah untuk diucapkan dan untuk menentukan faktor apa yang menyebabkan
kesalahan tersebut dalam mengucapkan bunyi dental fricative. Peneliti
menerapkan deskriptif qualitatif dengan teknik purposive sampling untuk memilih
partisipan. Ada 15 partisipan yang diambil dari siswa semester pertama tahun
ajaran 2020/2021. Teknik yang digunakan untuk mengambil data adalah dokumen
dan wawancara. Dokumen tersebut berupa vidio berbicara dari partisipan,
digunakan untuk menganalisa pengucapan siswa dan wawancara digunakan untuk
menentukan faktor kesalahan siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian
ini adalah perekam suara dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini
menunjukan frekuensi kesalahan siswa adalah 15 persen untuk bunyi /?/ dan 85
persen untuk bunyi /ð/. Sebagian besar siswa mengganti bunyi /?/ dengan /t/ dan
bunyi /ð/ dengan /d/. Mereka membuat kesalahan karena terinterfrensi dari bahasa
ibu mereka. Dengan demikian, bunyi dental fricative yang paling bermasalah
adalah bunyi /ð/ dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah
interlingual.
Kata Kunci : Pengucapan, Kesalahan, Dental, Fricative
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119251 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |