MENGEKSPLOR STRATEGI-STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING YANG DIGUNAKAN OLEH SISWA KELAS INTERNASIONAL PADA PERGURUAN TINGGI

ANASTHASIA BELAYO WATUN (2021) MENGEKSPLOR STRATEGI-STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING YANG DIGUNAKAN OLEH SISWA KELAS INTERNASIONAL PADA PERGURUAN TINGGI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengeksplorasi strategi-strategi belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang sering digunakan oleh siswa kelas internasional yang dianggap sebagai pelajar yang sukses; 2) untuk mengindetifikasi bagaimana efek dari strategi belajar tersebut pada proses belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing; dan 3) untuk mengetahui bagaimana siswa menikmati pembelajaran mata pelajaran non-Bahasa Inggris di kelas. Penelitian ini menggunakan metode campur dengan triangulasi dalam pengumpulan data yang mencakup kuesioner tertutup, wawancara semi-terstruktur dan dokumen. Hasil yang didapatkan melalui kuesioner dianalisis secara kuantitatif sedangkan hasil dari wawancara dan dokumen dianalisis secara kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas internasional Universitas Tadulako tahun ajaran 2020, (yang berjumlah 54 siswa) yang berpartisipasi dalam pengumpulan data melalui kuesioner dan (lima siswa) yang berpartisipasi dalam wawancara dan pengumpulan dokumen berupa KHS (kartu hasil studi) pada mata pelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran umum (MKU), yang dipilih dengan menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang sering digunakan oleh siswa yang sukses adalah metakognitif (nilai rata-rata = 4,08) sebagai strategi yang selalu atau hampir selalu digunakan diikuti oleh strategi kognitif (nilai rata-rata = 3,27) sebagai strategi yang biasanya digunakan sedangkan strategi yang paling sedikit digunakan adalah strategi sosial (nilai rata-rata = 2.53) sebagai strategi yang kadang-kadang digunakan. Siswa memiliki peningkatan positif pada kosa kata, pengucapan, tata bahasa, keterampilan berbicara dan tingkat kepercayaan diri mereka. Sayangnya, siswa tersebut tidak dapat menikmati pembelajaran mata pelajaran non-Bahasa Inggris karena materi yang disampaikan oleh dosen tidak disajikan dengan menggunakan dua bahasa. Dengan demikian Universitas perlu memberikan pelatihan kepada dosen mengenai kurikulum, silabus, dan pendekatan pengajaran kelas internasional sebelum menerapkan program internasionalisasi sehingga mereka dapat menciptakan proses belajar mengajar yang baik dan dapat mempromosikan mahasiswa untuk ikut serta pada kegiatan-kegiatan internasional.
Kata kunci: Strategi Belajar Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing, Pendidikan Tinggi, Kelas Internasional.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119263
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item