MENGEKSPLORASI PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALU TENTANG SEGITIGA YANG BERBEDA ORIENTASI BERDASARKAN GENDER YANG BERKEMAMPUAN TINGGI

GILBERTH DEOENGO (2020) MENGEKSPLORASI PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALU TENTANG SEGITIGA YANG BERBEDA ORIENTASI BERDASARKAN GENDER YANG BERKEMAMPUAN TINGGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gilberth Deoengo. 2020. Mengeksplorasi Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 12 Palu Tentang Segitiga yang Berbeda Orientasi Berdasarkan Gender
yang Berkemampuan Tinggi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika,
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Usman H.B.
Pembimbing (II) Bakri M
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa
SMP Negeri 12 Palu dalam memahami bentuk segitiga yang berbeda orientasi
berdasarkan gender yang berkemampuan tinggi. Jenis penelitian ini adalah
penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling, adapun karakteristik utama
dalam memilih subjek adalah “siswa yang memiliki kemampuan tinggi”. Dua
subjek yang dipilih yaitu siswa laki-laki (LK) dan siswa perempuan (PR) yang
memiliki kemampuan tinggi. Penelitian ini menghasilkan 2 kategori yaitu,
“Mengidentifikasi bangun berdasarkan bentuk geometri yang diobservasi” dan
“Mendeskripsikan suatu bangun berdasarkan sifat”. Berdasarkan kategori
tersebut, hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Subjek LK dan PR mampu
Mengidentifikasi bangun berdasarkan bentuk geometri yang diobservasi
dengan cara pengamatan pada suatu simbol yang menunjukan sudut segitiga
tersebut siku-siku dan menunjukan bahwa setiga tersebut mempunyai besar
sudut 900
yang merupakan salah satu ciri dari segitiga siku-siku serta kedua subjek
mengetahui bentuk suatu segitiga siku-siku maupun segitiga sama sisi yang
bentuknya sama tetapi dengan bentuk yang terbalik atau diputar. 2) Subjek LK
mendeskripsikan segitiga siku-siku yaitu mempunyai simbol yang menunjukan
sudut siku-siku dan mempunyai sudut 900
dan mendeskripsikian segitiga sama sisi
yaitu dengan melihat sisi-sisi dari segitiga yang panjangnya sama. Sedangkan subjek
PR mendeskripsikan segitiga siku-siku yaitu mempunyai simbol yang menunjukan
sudut siku-siku dan mendeskripsikian segitiga sama sisi yaitu dengan melihat sisi?sisi dari segitiga yang panjangnya sama. Jadi, kedua subjek mampu
mendeskripsikan bangun berdasarkan sifat-sifat bangun tersebut
Kata Kunci: Pemahaman; Gender; Geometri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119265
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item