MENGEMBANGKAN PENULISAN KELAS 8 SMPN 5 PALU MELALUI SURAT PRIBADI

NUR FADHILLAH A.M LAPAYO (2024) MENGEMBANGKAN PENULISAN KELAS 8 SMPN 5 PALU MELALUI SURAT PRIBADI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

NurFadhillah A.M Lapayo (A 121 17 175). Mengembangkan menulis surat pribadi dalam pengajaran teks recount untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palu. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UniversitasTadulako, Di bawah bimbingan Abdul Kamaruddin dan Budi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan surat pribadi dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP negeri 5 Palu. Penelitianini menggunakan desain quasi-eksperimental. Sampel penelitian ini terdiri dari 27 siswa di kelas VIII C sebaga ikelompok eksperimen dan 27 siswa dari kelas VIII A sebagai kelompok control. Mereka dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang dibagi menjadi pre-test dan post-test. Hasil tes di analisis secara statistik dengan menggunakan tes T menggunakan derajat kebebasan (df) 52 dan 0.05 dari tingkat signifikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung (5.31) lebih tinggi dari t-tabel (2.0084). Dengan kata lain, hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya, menggunakan personal letter bisa mengembangkan kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palu.

Kata Kunci: Mengembangkan, Keterampilan Menulis, Personal Letter

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119315
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item