MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA PADA KETERAMPILAN BERBICARA DI SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU

HILYATUL AULIA (2024) MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA PADA KETERAMPILAN BERBICARA DI SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepribadian terhadap
keterampilan berbicara. Fokusnya adalah analisis pengaruh kepribadian ekstrovert
dan introvert siswa terhadap kinerja berbicara. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan
melalui kuesioner, wawancara, dan tes berbicara. Subjek penelitian ini adalah siswa
di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Terdapat 42 siswa yang terdiri dari 21
siswa ekstrovert dan 21 siswa introvert yang telah dibagi menggunakan Eysenck
Personality Questionnaire untuk memperoleh data yang diperlukan. Analisis data
dilakukan berdasarkan prosedur analisis data yang disarankan oleh Miles dan
Huberman yang terdiri dari langkah reduksi, display, dan verifikasi data. Hasil dari
data ini menunjukkan bahwa siswa ekstrovert lebih baik daripada siswa introvert
dalam keterampilan berbicara. Siswa dengan kepribadian ekstrovert berkomunikasi
lebih lancar dibandingkan dengan siswa yang memiliki kepribadian introvert.
Penelitian ini menyarankan agar guru mempertimbangkan kepribadian siswa ketika
menerapkan strategi pengajaran. Guru dapat mempertimbangkan untuk
menggunakan strategi yang memotivasi siswa introvert untuk berpartisipasi lebih
aktif dalam kegiatan berbicara, meningkatkan kepercayaan diri dan kefasihan
mereka dalam berbicara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119377
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item