SAFITRI SAKIR (2021) Mengungkap Pelaksanaan Transparansi Dan Akuntabilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SMPN 2 Dampal Selatan. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Safitri Sakir (C301 15 196), Mengungkap Pelaksanaan Transparansi dan Akuntabilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMPN 2 Dampal Selatan. Dibimbing oleh Nina Yusnita Yamin selaku pembimbing I dan Muh.Iqbal selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Pelaksanaan Transparansi dan Akuntabilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Dampal Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan etnometodologi sebagai alat analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa; Pelaksanaan Transparansi dana Bantuan Operasional Sekolah yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Dampal Selatan meliputi; 1)Penyusunan Rencana kegiatan dan anggaran sekolah melalui rapat yang dihadiri oleh staf, Guru dan komite sekolah tanpa melibatkan orang tua siswa; 2)Pengumuman komponen yang dibiayai dana BOS pada papan pengumuman sekolah tanpa rincian jumlah alokasi pembiayaan; 3)penyampaian laporan pertanggungjawaban kepada orang tua siswa melalui rapat komite. Sementara alur pelaksanaan akuntabilitas dana bantuan operasional sekolah meliputi; 1)penginputan data rill siswa lewat data pokok pendidikan; 2)Tahap penyaluran terkait dengan pengadaan dana bantuan operasional sekolah; 3)tahap penyesuaian penggunaan dana dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah; 4)pelaporan pertanggungjawaban sekolah ke pemerintah dan orang tua siswa.
Kata Kunci: Akuntabilitas, Bantuan Operasional Sekolah, Etnometodologi, Transparansi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119414 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |