SUKMAWATI (2024) MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDKT SIMOI’E TOMPENG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Sukmawati, 2024. Meningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDKT
Simoi’e Tampang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako.
Rendahnya hasil belajarnya siswa kelas IV, Karena guru cenderung
menyampaikan materi, sementara siswa mendengarkan materi yang disampaikan.
Dalam pembelajaran PKn, siswa seringkali terlihat jenuh/bosan. Hal ini
disebabkan siswa belum bisa melihat makna atau fungsi dari materi yang sedang
dipelajarinya. Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran menyenangkan,
kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar PKn siswa sekaligus bisa
membantu siswa melihat manfaat materi yang dipelajari dengan
menghubungkannya dunia nyata serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
yang sesuai dengan pengalaman belajarnya, salah satunya adalah model
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian untuk
meningkatkan hasil belajar siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru
dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SDKT Simoi’e Tampang. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
dan berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian siswa kelas IV SDKT Simoi’e Tampang berjumlah 38 siswa, terdiri
dari 12 laki-laki dan 26 perempuan. Hasil ketuntasan klasikal yang dicapai pada
tes hasil belajar siklus I sebesar 76,3% atau terdapat 29 siswa yang tuntas dari 38
jumlah siswa. Persentase ketuntasan klasikal siklus I ini menunjukkan belum
mencapai indikator keberhasilan belajar yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan
penelitian pada tahap selanjutnya (siklus II). Hasil yang diperoleh pada siklus II
lebih baik dari pada hasil siklus I, dimana ketuntasan belajar klasikal mencapai
94,7% atau terdapat 36 siswa yang tuntas dari 38 siswa. Hal tersebut berarti
bahwa tingkat kemampuan siswa dalam pembelajaran rata-rata dalam kategori
sangat baik, meskipun masih terdapat 2 siswa yang belum tuntas secara individu.
Berdasarkan analisis hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dengan
ketuntasan klasikal mencapai 94,7?n rata-rata hasil belajar adalah 7,6.
Kata Kunci: Penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT),
Hasil Belajar, Pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/119429 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |